Kamis, 02 Agustus 2012

Ngakalin Cover Body Retak (Pecah)

Posting ini terinspirasi dari pengalaman pribadi, cover body motor ane retak masbro, gak enak d liat banget, beli cover baru yang Ori mahal , beli kualitas Lokal gak awet, langsung kepikiran buat nglem aja tu cover yg pecah (retak), tapi klo cuman d lem ane pikir gak bakalan kuat, ane langsung inget ada postingan ane sebelumnya yang Japanese Style (Head lampe Sipit) ampir mirip lah sama postingan kali ini tutornya, setelah di coba ternyata hasilnya juga oke, tergantung keterampilan masing-masing juga, dan tau gak ane abis berapa biaya buat benerin cover pecahnya ?? cuman abis Tiga puluh rebu doang (uda termasuk beli rokok sebungkus ama secangkir kopi) hehehehehe ..
langsung cekidot aja masbro !!

Pertama kita siapin dulu alat-alat atau bahan-bahannya, tapi bahannya irit kok, cuman solder, lem cepet kering alteco (hargaya palingan gocengan) sama dempul doang, tapi ane pake lem Plastic Steel (harganya cuman sembilan rebuan) bukan pake dempul (kalo dempul ane gak tahu harganya berapa), terus siapin amplas (beli Goceng aja pasti cukup)
lanjut, bagian cover yang retak tadi d lem dulu pake lem cepet kering Alteco tadi secara merata, kalo bagian cover yang pecahnya agak jauh kayak gambar di atas, pas proses pengeleman pake lem alteconya haru masbro teken tu kedua sisi cover yang terpisahnya pake tangan ampe rapet atau erat kalo (ati-ati tangannya jangan ampe nyentuh lemnya, bisa-bisa tangan ikut rapet), naaaahhh kalo lemnya n udah rapet, baru di solder rata dari ujung ampe ujung yang lainnya.
Gbr 1
nih ane kasih contoh gambarnya (Gambar 1), bukan gambar asli pas ane praktek sih soalnya ane gak kepikiran buat di posting disini hehehe, tapi cukup mirip kok ama kasus ane.
Nah, setelah selesai d solder ampe merata ntu bagian cover yang pecah (retak), udah deh tu cover pecah nyambung lagi, hasilnya gak muluskan? jangan panik belom beres prosesnya tuh, hehehe !
Lanjut di dempulin tu tadi bagian yang uda kena solder, tapi kan ane kemarin pakenya bukan dempul tapi plastic stell, sama aja kok caranya pokoknya tutupin tu bagian yang kena solder tadi pake dempul ato plastic steel ampe rata, nah kalo udah rata, tunggu ampe kering juga keras.
nih ada contoh gambarnya (Gambar 2) juga kebetulan contoh yang ini yang pake dempul.
Gbr 2
Kalo udah kering, lanjutin di amplas bagian yang di dempul pake dempul atau di dempul pake plastic steel tadi ampe rata n halus permukaannya, Kalo udah beres lanjutin deh ke Finishing yaitu d cat sesuai dengan warna cover body masing-masing. Kayaknya cara ini bisa di pake juga buat cover yang patah tapi ane belum pernah coba sih.
Ane minta maaf soal gambarnya, ane gak punya gambar asli pas ane lagi praktek, gak kepikiran buat di posting disini sih. Sekarang baru kepikiran buat di posting, soalnya ane bingung nyari bahan postingan, hehehehe !!
sekian dan terima kasih :D
semoga bermanfaat, Salam Ceperist salam satu aspal !! All biker All Brother !!

1 komentar:

Withira Hadiningrat mengatakan...

harga dempul yg ukuran kcil 10 ribu dapet Bos..